Cara Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal Untuk Pemula

Cara Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal Untuk Pemula – Bisnis properti memang tidak selamanya menggunakan modal yang besar. Modal yang paling utama untuk memulai bisnis ini adalah keterampilan kamu dalam berbicara, bahkan kamu bisa memulai bisnis ini tanpa modal. Semua orang memang sudah diberikan kemampuan berbicara sejak lahir. Tentunya ini bukan masalah yang besar bagi kamu yang ingin memulai bisnis properti

Bisnis ini memang kedengarannya seperti sesuatu yang sangat menjanjikan. Maka dari itu, banyak sekali orang yang mencari tips bisnis properti dengan harapan besar bahwa mereka bisa mendapatkan banyak keuntungan. Tetapi, sebetulnya bisnis ini gampang-gampang susah untuk dijalankan. Jika salah sedikit kamu bisa mengalami kerugian yang lumayan besar. Berikut adalah tentang cara memulai bisnis properti tanpa modal untuk pemula.

 

Cara Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal Untuk Pemula

 

 1. Dimulai dari Lingkungan

Dimulai dari Lingkungan

Disekitar kamu pasti kamu akan banyak menemukan orang yang ingin membeli rumah. Kamu bisa mengamati saat terjadi pembicaraan soal hal ini. Kamu bisa menanyakan lebih detail rumah seperti apa yang mereka cari dan dimana lokasinya. Kamu bisa menjalankan bisnis ini  dengan coba untuk mencarikan rumah yang mereka ingin beli. Kamu juga harus rajin dan fokus dalam mencarikan properti agar hasilnya tidak sia-sia.

(Baca Juga: Ini Dia 6 Manfaat Menabung, Yang Kamu Harus Lakukan Sejak Dini)

2. Menawarkan Kerja Sama

Cara Memulai Bisnis Properti Tanpa Moda

Kamu bisa memulai bisnis ini dengan menawarkan kerjasama kepada pembeli maupun penjual. Saat kamu sudah menemukan penjual, kamu bisa menawarkan kerjasama. Sebaiknya untuk menuliskan kerjasama tersebut di atas kertas agar jelas dan tidak merugikan pihak manapun. Tanyakan juga detail rumah yang ingin dijual seperti luas tanah, lantai, harga, kondisi di sekitar, hingga cara pembayaran yang disesuaikan dan juga komisi yang akan kamu dapatkan jika berhasil menjual rumah tersebut. 

3. Rajin Untuk Melihat Iklan

Rajin Untuk Melihat Iklan

Sekarang ini sudah banyak sekali media yang mengiklankan properti. Sumbernya pun juga beragam, baik dari internet, koran, maupun iklan di jalan. Kamu bisa ikut memasarkan properti yang sedang dijual kepada kerabat ataupun orang yang membutuhkan. Saat kamu memasang harga, kamu bisa mematok harga yang sedikit lebih tinggi agar jika properti itu terjual kamu bisa mendapatkan keuntungan.

4. Mencarikan Penjual

Cara Memulai Bisnis Properti Tanpa Moda

Ketika kamu sudah berdiskusi dengan pembeli, maka tugas kamu selanjutnya adalah mencari calon penjual. Pertama-tama kamu harus rajin mendatangi lokasi rumah dan juga pameran properti yang sedang dilangsungkan di daerah terdekat, karena lokasi yang menentukan harga dan minat, kamu harus menggali selengkap mungkin agar calon pembeli memiliki gambaran yang memuaskan.

5. Membuat Website Untuk Properti

Membuat Website Untuk Properti

Di zaman sekarang, teknik promosi zero marketing adalah dengan menggunakan media online. Kamu bisa menyebarkan informasi lewat sosial media. Cara selanjutnya adalah dengan membuat website gratis. Website ini nantinya dapat mempertemukan pembeli dan penjual. Tetapi, semua kontak harus melalui kamu sendiri. Pemasaran bisnis properti lewat online akan memperluas network kamu sehingga pembeli dari luar pun bisa melihat properti yang kamu tawarkan. Pastikan kamu memasang foto rumah secara detail dan lengkap.

6.  Belajar Analisis

Cara Memulai Bisnis Properti Tanpa Moda

Agar bisa menjadi developer atau flipper, kamu sangat diwajibkan untuk mempunyai analisis yang tajam. Apalagi jika terkait dengan properti. Analisis ini bisa kamu asah dengan rajin membaca berita dan juga terbiasa menjual properti dengan sistem makelar. 

(Baca Juga: 7 Cara Menerapkan Gaya Hidup Minimalis Untuk Kaum Milenial)

7. Menyisihkan Uang Untuk Menabung

Menyisihkan Uang Untuk Menabung

Setiap kamu mendapatkan keuntungan dari komisi, kamu bisa menyisihkan sebagian pendapatan tersebut untuk kamu tabung dan memperbesar usaha kamu nantinya. Kamu juga bisa sebagian lagi untuk bersedekah. Dengan berbagi rezeki, rezeki pun akan dimudahkan oleh tuhan.

8. Membuat Merek Usaha

Cara Memulai Bisnis Properti Tanpa Moda

Saat bisnis kamu mulai lancar, kamu bisa membuat merek usaha sendiri agar lebih profesional. Kamu bisa mencari nama yang mudah diingat dan pastikan kamu sudah mendaftarkan nama tersebut secara hukum agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Para calon pembeli dan penjual akan lebih percaya dengan jasa yang telah memiliki nama dan terbukti bermanfaat untuk mereka. Kamu bisa meminjam terlebih dahulu kepada kerabat ataupun meminjam ke bank jika anggaran yang kamu punya masih kurang.

9. Paham Tentang Hukum

Paham Tentang Hukum

Agar lancar saat berbisnis properti, kamu harus paham tentang hukum terutama yang berkaitan dengan surat-surat tanah. Apabila kamu tidak memahaminya, kamu bisa saja menemui masalah ditengah jalan. Kamu bisa belajar di situs-situs terpercaya atau belilah buku yang isinya tentang perjanjian agraria dan properti.

10. Mencari Karyawan

Mencari Karyawan

Ketika bisnis properti kamu semakin besar, kamu tidak mungkin selamanya mencari calon pembeli dan penjual sendirian. Kamu akan membutuhkan bantuan dari orang lain atau mungkin rekan dekat kamu untuk diajak bekerjasama membesarkan usaha. Pada tahap ini, pengalaman kamu sudah banyak karena kamu sudah berkecimpung di dunia properti mulai dari nol. Ini merupakan saat yang tepat untuk kamu mengembangkan usaha dan meminimalisir kemungkinan untuk gagal. Apabila modal kamu sudah terkumpul, tidak ada salahnya kamu mencari staff yang bisa mengurus segala hal keperluan administrasi  serta memasarkan properti yang masuk ke listing kamu.

 

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika ingin memulai bisnis properti. Beberapa cara diatas bisa kamu lakukan tanpa membutuhkan modal yang besar. Dan perlu kamu ingat jika letak sukses yang sejati merupakan perjalanan menuju kesuksesan itu. Sukses yang diawali dengan kegagalan akan membentuk karakter kamu sebagai pelaku bisnis agar tidak meudah menyerah. Untuk kamu yang ingin mencari referensi tentang bisnis maupun investasi kamu bisa mengunjungi situs yang membahas tentang bisnis dan investasi secara lengkap

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *