Ini Dia, Tips Membeli Mobil Bekas Yang Kamu Ketahui

Tips Membeli Mobil Bekas Yang Kamu Ketahui

Tips Membeli Mobil Bekas Yang Kamu Ketahui – Bagi kamu yang memiliki keuangan terbatas, mungkin membeli mobil bekas akan menjadi pertimbangan mobil baru yang harganya lebih mahal. Tapi apakah kamu tahu kondisi yang tepat untuk membeli mobil bekas dalam kondisi seperti ini?

Perlu kamu pahami, Kendati bisa menghemat pengeluaran, ada sejumlah tantangan tersendiri saat membeli mobil bekas. Membeli mobil bekas tentunya harus penuh dengan kehati-hatian. Jika kamu terburu-buru dalam membeli bisa mengakibatkan kerugian finansial di masa yang akan datang.

Untuk saat ini harga mobil bekas yang dijual dipasaran sudah bervariasi, mulai puluhan juta rupiah hingga ratusan juta rupiah. Bagi kamu yang ingin membeli hanya tinggal menyesuaikan dana yang tersedia dan mulai berburu mobil sesuai yang kamu inginkan. Jangan sampai mobil yang dibeli justru akan menguras kantong karena perlu mengeluarkan dana besar untuk perbaikan dan perawatan. Dan berikut kita sudah menyiapkan Tips untuk membeli mobil bekas. 

 

 Berikut Tips Membeli Mobil Bekas Yang Kamu Ketahui :

 

 1. Sesuaikan Budget

Tips Membeli Mobil Bekas Yang Kamu Ketahui

Jika kamu ingin membeli mobil bekas , disarankan untuk mencari mobil yang sesuai dengan budget mu. Karena itu sebelum memilih mobil apa yang ingin kamu beli sesuaikan dengan budget mu. Kamu juga harus memastikan soal ketersediaan dan harga dari suku cadang mobil tersebut. ketersediaan bengkel resmi di kotamu dan hal hal penting yang ada pada mobilmu. 

(Baca Juga: Inilah Rekomendasi Mobil Keluarga Terbaik Tahun Ini)

2. Cari Showroom Dengan Stok Mobil Banyak

Cari Showroom Dengan Stok Mobil Banyak

Ini merupakan hal pertama yang harus kamu lakukan saat ingin membeli mobil bekas. Caranya adalah dengan mendatangi showroom yang memiliki stok mobil yang banyak. Dengan banyaknya stok mobil tentunya akan semakin memberikan kamu banyak pilihan. Kamu juga harus banyak bertanya. Jika kamu semakin banyak tanya maka kamu akan tahu banyak hal tentang mobil yang ingin kamu beli. Dan jangan sampai kamu hanya mendatangi satu showroom untuk alternatif.

 

3. Test Drive

Test Drive

Jika kamu sudah menemukan mobil bekas yang kamu ingin beli cobalah untuk test drive, kamu bisa merasakan kenyamanan berkendara atau tidak dengan mobil tersebut. jika tidak nyaman cobalah untuk mencari referensi mobil-mobil lain karena percuma mempunyai mobil bagus tetapi tidak nyaman untuk dipakai. Lebih baik kamu mempunyai mobil murah yang nyaman dipakai saat berkendara. Karena kenyamanan berkendara merupakan hal yang utama.

4. Cek Unit

Tips Membeli Mobil Bekas Yang Kamu Ketahui

Ini juga merupakan point penting dalam membeli mobil. Kamu harus teliti dan jangan terburu-buru untuk mengecek mobil yang ingin kamu beli. Perhatikan bagian- bagian penting di mobil tersebut seperti mesin,kondisi cat,sistem yang ada dalam mobil tersebut, hingga sistem pengereman yang paling utama. Karena jika kamu membeli mobil tanpa cek unit kamu bisa saja mendapatkan mobil yang kurang sehat di bagian-bagian pentingnya.

 

5. Periksa Riwayat Kendaraan

Periksa Riwayat Kendaraan

 

Jika kamu ingin membeli mobil bekas, ada baiknya kamu membeli dari teman dekat atau dengan anggota keluarga. Dari hal itu akan membuat kamu tahu tentang riwayat kendaraan yang ingin kamu beli tanpa ada yang ditutup-tutupi. Kamu bisa melakukan pemeriksaan riwayat kendaraan dari pihak asuransi atau kepolisian. Kamu juga bisa melakukan pengecekan dari NIK (Nomor Identitas Kendaraan) atau plat nomor.

 

6. Bawa Orang Ahli

Tips Membeli Mobil Bekas Yang Kamu Ketahui

 

Saat kamu ingin membeli mobil dan sedang melakukan pengecekan, sebaiknya kamu membawa teman dekat atau orang yang paham dengan seluruh bagian yang ada di dalam mobil. Hal ini sangat penting dilakukan apalagi jika kamu tidak banyak tahu tentang mobil yang ingin kamu beli. Dengan begitu kamu tidak akan merasa tertipu karena kurangnya pengetahuan tentang motor atau mobil itu sendiri.

 

7. Cek Surat-surat Dan Berkas-Berkas Mobil Yang Ingin Kamu Beli

Cek Surat-surat Dan Berkas-Berkas Mobil Yang Ingin Kamu Beli

 

Ketika kamu sudah deal dengan penjual, maka ada beberapa hal yang harus dilakukan yaitu pengecekan kembali sebelum dilakukan tanda tangan. Cek juga sejumlah dokumen mulai dari daftar harga, pajak, STNK, BPKB, dan lainnya. Jika kamu membeli mobil di dealer mobil bekas bukan tidak mungkin ada beberapa item yang akan ditawarkan pihak penjual mulai dari garansi, perangkat anti pencurian, dan perlindungan lain-lainnya. 

(Baca Juga: Beberapa Tempat Wisata Di Bogor Yang Patut Untuk Di Kunjungi)

8. Pertimbangkan Kembali Saat Ingin Membeli Mobil Secara Kredit

Cek Surat-surat Dan Berkas-Berkas Mobil Yang Ingin Kamu Beli

Ada alasan yang kuat kenapa tidak disarankan untuk membeli mobil bekas dengan cicilan atau kredit. Alasan utamanya adalah yaitu karena pengeluaran yang kamu keluarkan setiap bulannya akan semakin membengkak. sebenarnya ada dua cara untuk mengukur kemampuan dalam membeli mobil. Yang pertama pastikan dana darurat kamu tidak terpakai untuk membeli mobil. Yang kedua pastikan ketika kamu membeli mobil secara tunai, jumlah aset berjalan kamu masih di kisaran 15% hingga 20% dari kekayaan bersih yang kamu punya. 

 

9. Lakukan Penawaran

Lakukan Penawaran

Apabila kamu merasa mobil yang kamu cari sudah tepat, sebaiknya kamu melakukan penawaran sesuai harga atau kesepakatan yang diinginkan. Hal ini perlu dilakukan agar kamu tidak menyesal di kemudian hari karena merasa menghabiskan dana yang cukup banyak. Tentu saja saat melakukan penawaran berikan harga serendah mungkin agar terjadi kesepakatan. Tetapi, pastikan terlebih dahulu  kedua belah pihak sedang memiliki kondisi yang tenang.

 

10. Kamu Harus Waspada Dengan Mobil Harga Miring

Kamu Harus Waspada Dengan Mobil Harga Miring

Hal ini sudah banyak terjadi. Harga mobil sangat miring tanpa kamu tau penyebabnya. Biasanya mobil dengan harga miring dikarenakan bekas kecelakaan atau terkena banjir. Mobil-mobil yang telah mengalami insiden tersebut biasanya mempunyai banyak masalah terutama di bagian mesin. Lebih baik hindari membeli mobil-mobil bekas kecelakaan dan banjir karena jika kamu membeli mobil tersebut bisa saja kamu mengeluarkan kocek lebih besar hanya untuk memperbaiki mobil tersebut.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu gunakan saat kamu ingin membeli mobil bekas, point penting untuk membeli mobil bekas adalah teliti dengan semua bagian. Dan untuk kamu yang sedang mencari referensi tentang keungan kamu bisa mengunjungi https://brunoretailleau.net/

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *