Cara Mengklaim Asuransi Jika Kendaraan Mengalami Masalah

Cara Mengklaim Asuransi

Cara Mengklaim Asuransi Jika Kendaraan Mengalami Masalah – Mempunyai kendaraan pribadi seperti mobil dan motor memang sangat mempermudah aktifitas di luar ruangan. Namun bagi pemilik kendaraan pribadi juga harus mampu mengatasi setiap masalah yang terjadi seperti kecelakaan atau bencana alam.

Saat ini asuransi kendaraan sangat dibutuhkan bagi para pemilik kendaraan. Dengan memiliki asuransi kendaraan akan semakin membantu meringankan kerugian jika mengalami kecelakaan yang tak terduga. Tentunya akan meringankan beban biaya yang dikeluarkan.

Cara Mengklaim Asuransi Kendaraan Terbaru

Asuransi kendaraan juga dapat diklaim bagi kendaraan yang hanya mengalami lecet saja. Dengan mengajukan klaim asuransi maka bisa mendapatkan layanan perbaikan. Bahkan tanpa perlu mengeluarkan biaya sedikitpun kendaraan akan kembali normal.

Namun masih banyak orang yang belum memahami tentang bagaimana cara mengklaim asuransi jika kendaraan mengalami masalah. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar asuransi kendaraan dapat diklaim dengan mudah. Sehingga kemungkinan klaim asuransi kendaraan akan disetujui.

Berikut inilah beberapa cara mengklaim asuransi jika kendaraan mengalami masalah:

  • Menghubungi pihak asuransi

Menghubungi Pihak Asuransi

Ketika kendaraan mulai mengalami masalah seperti kecelakaan, kehilangan, rusak karena banjir ataupun masalah lainnya maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghubungi pihak asuransi. Waktu pelaporan biasanya dalam kurun 3×24 jam setelah kejadian.

Sebaiknya segera melapor kepada pihak asuransi apabila kendaraan mengalami masalah. Hal ini akan mengantisipasi penolakan terhadap klaim asuransi kendaraan. Tentunya kerugian asuransi kendaraan akan semakin besar jika tidak memanfaatkannya dengan baik.

  • Mengisi formulir yang diberikan pihak asuransi

Cara Mengklaim Asuransi

Setelah menghubungi pihak asuransi, cara mengklaim asuransi jika kendaraan mengalami masalah selanjutnya adalah mengisi formulir yang telah diberikan. Formulir tersebut akan disesuaikan dengan kejadian sebenarnya yang mengakibatkan kendaraan bermasalah. 

Setelah mengisi formulir tersebut maka langkah selanjutnya adalah menunggu tindak lanjut proses persetujuan klaim asuransi. Apabila ketahuan memalsukan isi formulir yang tidak sesuai dengan kejadian aslinya maka proses klaim asuransi akan langsung dibatalkan.

(Baca Juga: Ini Dia 6 Manfaat Menabung, Yang Kamu Harus Lakukan Sejak Dini)

  • Mengumpulkan semua bukti kerusakan 

Mengumpulkan Semua Bukti Kerusakan

Cara mengklaim asuransi jika kendaraan mengalami masalah yaitu alangkah baiknya untuk mengumpulkan semua bukti kerusakan pada kendaraan. Apabila kendaraan bermasalah sebaiknya untuk segera mengumpulkan bukti foto pada bagian yang rusak.

Apalagi jika kendaraan mengalami kerusakan dalam kategori yang berat. Tentunya bukti melalui foto tersebut akan sangat membantu untuk mendapatkan klaim asuransi. Sehingga pengeluaran biaya yang ditanggung tidak akan memberatkan dan semakin ringan.

  • Menjelaskan detail kronologi kejadian secara jelas

Menjelaskan Detail Kronologi Kejadian Secara Jelas

Cara mengklaim asuransi berikut adalah Menjelaskan detail kronologi kejadian secara jelas. Apabila ingin mengajukan klaim asuransi kendaraan maka harus dapat menjelaskan bagaimana detail kronologi kejadian secara lengkap, rinci dan jelas. Hal ini akan membantu mendapatkan persetujuan pihak asuransi atas klaim asuransi kendaraan yang bermasalah.

Untuk itu saat diminta menjelaskan detail kronologi peristiwa, pastikan untuk menjawabnya sesuai dengan apa yang terjadi. Maka dari itu penting untuk mengingat-ingat kronologinya seperti waktu dan lokasi kejadian hingga posisi pada saat kejadian dan lain sebagainya.

  • Menyiapkan dokumen yang akan diserahkan

Cara Mengklaim Asuransi

Cara mengklaim asuransi berikutnya adalah menyiapkan dokumen yang akan diserahkan. Saat ingin mengajukan asuransi kendaraan sebaiknya menyiapkan berbagai dokumen yang diminta. Kelengkapan dokumen ini harus disesuaikan dengan kebutuhan asuransi dan kronologi kejadian. Nantinya dokumen ini akan diserahkan kepada bengkel rekanan.

Pada umumnya, dokumen yang digunakan untuk mengklaim asuransi sangat mudah diperoleh. Dokumen tersebut diantaranya adalah fotokopi polis asuransi, SIM, STNK, formulir pengajuan klaim, surat keterangan dari kepolisian dan bukti kejadian. 

  • Menggunakan layanan bengkel rekanan

Menggunakan Layanan Bengkel Rekanan

Pihak asuransi akan merekomendasikan bengkel rekanan yang akan memperbaiki kerusakan kendaraan. Kemudian bengkel rekanan akan menghubungi pihak asuransi. Sekaligus akan melakukan survei terhadap kerusakan kendaraan. Jangan mendatangi bengkel yang tidak rekanan dengan pihak asuransi karena klaim asuransi akan ditolak.

Apabila lokasi saat mengalami kecelakaan berada di luar kota maka sebaiknya menghubungi pihak asuransi di kantor cabang. Pihak asuransi kantor cabang akan memberikan petunjuk untuk mendapatkan klaim asuransi.

  • Memilih Asuransi TLO atau All Risk

Cara Mengklaim Asuransi

Asuransi kendaraan memiliki dua jenis yaitu TLO (Total Loss Only) dan All Risk. Kedua jenis asuransi tersebut memiliki perlindungan masing-masing sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial. Maka pastikan untuk memahami keduanya dengan sebaik mungkin.

TLO merupakan asuransi yang memberikan jaminan pada perlindungan mobil dan resiko kehilangan di atas 75 persen. Apabila kendaraan hanya mengalami kerusakan sedikit saja atau lecet ringan maka tidak akan mendapat persetujuan klaim asuransi.

Berbeda dengan TLO, asuransi jenis All Risk akan memberikan jaminan atas semua jenis kerusakan pada kendaraan. Segala perbaikan kendaraan akan dilakukan apabila mengklaim asuransi all risk asalkan sesuai dengan ketentuan yang tertulis pada polis. 

(Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal Untuk Pemula)

  • Memastikan tidak sengaja melakukan kerusakan pada kendaraan

 

Memastikan tidak sengaja melakukan kerusakan pada kendaraan

Cara mengklaim asuransi yang terakhir adalah memastikan tidak sengaja melakukan kerusakan pada kendaraan. Banyak orang-orang yang secara sengaja pergi ke suatu tempat untuk urusan yang mendadak. Namun ditengah perjalanan terdapat wilayah yang sedang terkena banjir. Akibat ingin segera sampai di tempat tujuan maka banjir pun diterjang begitu saja.

Kemungkinan mesin kendaraan akan mengalami kerusakan sehingga akan berhenti di tengah banjir. Nah untuk kejadian ini biasanya pihak asuransi tidak mau menanggung perbaikan atas kerusakan yang disengaja. Jadi sebisa mungkin harus menghindari banjir.

Itulah beberapa cara mengklaim asuransi jika kendaraan mengalami masalah. Apabila cara-cara tersebut diterapkan dan dilakukan dengan baik maka besar kemungkinan untuk mendapatkan persetujuan klaim asuransi dari pihak asuransi yang bersangkutan.

Namun ada beberapa penyebab yang sulit untuk mendapatkan klaim asuransi. Biasanya pihak asuransi tidak mau ganti rugi akibat kejadian-kejadian tertentu. Pastinya akan sangat merugikan apabila hal ini terjadi. Berikut inilah yang menjadi penyebab klaim asuransi ditolak:

Penyebab Klaim Asuransi Ditolak

  • Melebihi batas waktu

Apabila pengajuan asuransi pada kendaraan yang mengalami masalah sudah melebihi batas waktu yang ditentukan maka klaim asuransi akan langsung ditolak. Asuransi memiliki batas waktu tertentu untuk proses pengurusan klaim. Klaim asuransi bisa ditolak jika sudah jatuh masa temponya.

  • Melakukan pelanggaran hukum

Apabila kendaraan mengalami kerusakan akibat kelalaian pengemudi yang melanggar hukum seperti mengemudi secara ugal-ugalan maka secara otomatis proses klaim asuransi akan ditolak. Atau berlaku juga pada pemilik kendaraan yang tidak memiliki SIM saat berkendara. 

  • Memiliki polis yang masih dalam masa tunggu

Pemilik kendaraan yang memiliki polis dalam masa tunggu sejak penerbitannya tidak memiliki kewajiban untuk mendapatkan klaim asuransi. Jadi apabila kendaraan mengalami masalah kerusakan seperti lecet ringan maupun berat harus mengeluarkan biaya perbaikan mandiri.

  • Sudah terjadi kerusakan sebelumnya

Apabila mengajukan klaim asuransi pada kendaraan yang sudah mengalami kerusakan sebelum memiliki polis asuransi maka pengajuan klaim akan langsung ditolak oleh pihak asuransi. Pihak asuransi tidak memiliki kewenangan untuk kejadian seperti ini.

  • Merusak kendaraan secara sengaja

Kendaraan yang mengalami kerusakan secara sengaja seperti memukulnya hingga penyok atau sengaja menerjang banjir maka tidak akan mendapatkan klaim asuransi. Pihak asuransi tidak ingin mengalami kerugian atas kesalahan yang disengaja.

Itulah berbagai cara mengklaim asuransi kendaraan jika bermasalah nantinya. Dan untuk kamu yang ingin mencari referensi tentang keuangan dan bisnis kamu bisa mengunjungi situs tentang keuangan dan bisnis.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *