Ini Dia, Beberapa Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Kehamilan adalah salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh sebagian besar orang setelah menikah. Kehamilan merupakan salah satu momen yang dimana akan membuat bahagia seorang ibu yang sedang menantikan lahirnya si buah hati. Tetapi ibu hamil harus sangat memperhatikan kesehatan dan juga asupan gizi yang dikonsumsi.

Mendapatkan nutrisi yang baik merupakan hal yang penting bagi ibu hamil. terutama untuk tumbuh kembang janin yang ada di dalam kandungan. Pola makan merupakan salah satu kunci agar mendapatkan nutrisi yang cukup untuk ibu dan bayi.

Ada banyak jenis makanan sehat untuk ibu hamil yang bisa dikonsumsi selama masa kehamilan. Jenis makanan ini bukan hanya baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil, tapi juga untuk mendukung perkembangan si janin serta zat besi yang memiliki manfaat untuk mencegah anemia.    

Kamu bisa memperoleh kebutuhan nutrisi dari berbagai jenis makanan yang berbeda. Karena itu sangat penting bagi ibu hamil untuk mengenal jenis makanan yang sehat untuk ibu hamil  agar asupan nutrisi tetap terjaga. Berikut adalah beberapa makanan sehat untuk ibu hamil yang bisa kamu buat sendiri dirumah.

Beberapa Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil : 

 1. Karbohidrat Dan Serat

Beberapa Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Karbohidrat merupakan zat yang sangat dibutuhkan untuk menjamin energi ibu hamil dan mendukung perkembangan janin agar lebih maksimal. Kamu bisa mencari makanan untuk ibu hamil yang memiliki karbohidrat dan juga kaya akan serat. Karbohidrat dan serat merupakan nutrisi sebagai sumber tenaga untuk beraktivitas. 

(Baca Juga: Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan Wajah)

2. Sayur Dan Buah

Sayur dan Buah

Sayur dan Buah-buahan merupakan bahan utama makanan dalam pola sehat bagi ibu hamil. Setidaknya mengkonsumsi 5 porsi sayuran dan buah-buahan yang berbeda setiap harinya untuk mendapatkan berbagai vitamin, mineral, serta serat. 

Sayuran yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, menjaga daya tahan tubuh, serta mencegah janin terlahir cacat. seperti bayam dan kale, mengandung banyak vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan juga asam folat. 

 

3. Susu dan Produk Olahannya

Beberapa Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Susu dan produk olahan seperti yogurt dan keju kaya akan kalsium yang sangat baik untuk pembentukan jaringan tulang pada bayi serta menjaga kesehatan tulang sang ibu. Selain itu , mencukupi kebutuhan cairan pada tubuh sangat dianjurkan untuk ibu hamil. Dengan cukupnya kebutuhan cairan, resiko janin terlahir prematur akan berkurang. 

Selama masa kehamilan, Ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi sekitar 2,5 liter (setara dengan 10 gelas)dalam sehari. Cairan ini juga dapat kamu peroleh dari makanan seperti buah dengan kadar air yang tinggi, jus, ataupun susu.

 

4. Kalsium

Klasium

Kalsium merupakan zat yang dibutuhkan tubuh untuk menciptakan tulang yang kuat serta pembentukan sel-sel organ tubuh pada janin. Makanan sehat untuk ibu hamil ini merupakan nutrisi penguat tulang untuk ibu serta janin yang dikandung. Itulah mengapa banyak sekali praktisi dan ilmuwan yang menyarankan untuk ibu hamil dan menyusui untuk minum susu. Setiap ibu hamil wajib mengkonsumsi minimal 1000 mg kalsium per harinya.

 

5. Lemak Sehat

Lemak Sehat

Setiap ibu yang sedang mengandung dan menyusui wajib memberikan asupan nutrisi lemak sehat sebagai cadangan energi untuk pertumbuhan janin dan juga bayi. Lemak sehat dapat diartikan sebagai lemak tak jenuh. Makanan sehat untuk ibu hamil yang satu ini baik untuk pertumbuhan otak dan sistem saraf janin dan bayi. Tetapi, saat mengkonsumsi lemak ini perlu dibatasi dengan bijak agar tidak menyebabkan obesitas pada bayi dan si ibu.

(Baca Juga: Cara Membuat Minuman Jahe Yang Enak Dan Segar)

6. Mineral ( Yodium dan Zat Besi )

Beberapa Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Di dalam tubuh, ada sebuah kelenjar yang berguna untuk menjaga keseimbangan tubuh. Kelenjar tersebut adalah kelenjar tiroid. Untuk menjaga kesehatan kelenjar tiroid ini, kamu perlu mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil yang mengandung yodium yang cukup. Asupan yodium yang cukup bisa membantu tubuh untuk memproduksi hormon yang mendukung pertumbuhan otak bayi. Selain itu, zat besi juga sangat dibutuhkan untuk mencegah janin, bayi, atau ibu yang mengalami anemia saat hamil dan menyusui. Lain dari itu, zat besi juga bisa menstimulasi produksi ASI yang lebih maksimal.

 

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memiliki peran penting dalam mencukupi serat dan melancarkan pencernaan ibu hamil. Selain itu, kelompok makanan ini juga mengandung banyak kalsium, folat, zat besi, dan juga seng. Dengan tercukupinya asupan serat, Ibu hamil akan terhindar dari konstipasi dan juga wasir. Rutin mengkonsumsi makanan berserat dan bernutrisi tinggi  seperti kacang, sayur, dan buah-buahan baik untuk mencegah ibu hamil dari diabetes gestasional.

 

8. Daging tanpa Lemak, Ikan, dan Telur

Beberapa Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Kelompok makanan sehat untuk ibu hamil yang satu ini mengandung banyak protein yang penting untuk pertumbuhan janin, terutama pada trimester kedua dan ketiga kehamilan. Telur juga mengandung banyak kolin yang berperan penting dalam mendukung perkembangan otak dan saraf janin dan juga mengurangi resiko terjadinya cacat tabung saraf.

Meski demikian, untuk menghindari paparan merkuri yang biasanya terkandung dalam ikan laut, bumil disarankan untuk tidak mengkonsumsi lebih dari 350 gram ikan salmon, tuna, dan juga tongkol dalam waktu seminggu atau dibatasi konsumsi ikan sebanyak 2-3 porsi dalam seminggu.

Itulah beberapa makanan sehat untuk ibu hamil yang bisa kamu jadikan referensi agar keluarga ataupun kerabat tetap sehat walaupun sedang mengandung.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *