Lezatnya 9 Makanan Khas Jawa Tengah Yang Cocok Untuk Kamu Cobain

     Makanan Khas Jawa Tengah Yang Cocok Untuk Kamu Cobain РMakanan khas memang menjadi salah satu daya tarik yang sangat menggoda untuk dicicipi jika kamu berkunjung ke suatu daerah. Sedikit kurang lengkap rasanya kalau sudah tiba di suatu tempat , tapi kamu tidak mencoba makanan khasnya. Ada banyak sekali makanan khas daerah dengan cita rasa yang berbeda-beda. Kali ini kita bakal ngebahas tentang makanan khas jawa tengah yang begitu menggoda dan meningkatkan selera makan.

Provinsi jawa tengah selain memiliki tempat wisata yang indah, provinsi ini juga memiliki makanan khas jawa tengah yang pastinya bikin kamu ketagihan. Jawa tengah terdiri dari berbagai macam daerah dan di setiap daerahnya mempunyai makanan khas yang begitu menggoyang lidah kamu. Berikut adalah beberapa makanan khas jawa tengah yang bisa kamu cobain

Makanan Khas Jawa Tengah Yang Cocok Untuk Kamu Cobain:

1. Gudeg

Gudeg

Makanan khas jawa tengah yang pertama dan memang menjadi makanan utama yang diburu jika berkunjung ke jawa tengah. Gudeg terkenal karena mempunyai cita rasa yang khas yaitu manis. Makanan ini sendiri adalah makanan yang menggunakan bahan baku utama berupa nangka muda yang dimasak bersama santan.
Pada umumnya, para pedagang gudeg menyajikan makanannya di malam hari. Hal itu dilakukan karena gudeg biasa di jual di depan area pertokoan di jalan-jalan protokol.

2. Garang Asem

Makanan Khas Jawa Tengah

Garang asem adalah makanan yang berasal dari olahan ayam yang dimasak berbarengan dengan santan. Ayam yang dimasak ini terlebih dahulu dibungkus menggunakan daun pisang dan setelahnya baru dimasak menggunakan santan.
Garang asem memiliki rasa yang lumayan pedas dan juga asam sehingga sangat lezat untuk di santap. Perlu kamu ketahui, biasanya garang asem disajikan dengan nasi dan juga dilengkapi dengan lauk lainnya seperti perkedel, tempe goreng ataupun ayam asam manis.

3. Sate Klatak

Sate Klatak

Makanan khas jawa tengah selanjutnya adalah sate klatak. Sate ini merupakan sate yang dibuat dari daging kambing. Daging kambing yang digunakan untuk sate klatak adalah daging kambing muda. Sehingga untuk kamu yang ingin menikmati sate ini tapi takut terkena kolesterol tidak perlu takut lagi. Pengolahan sate ini berbeda dengan sate- sate yang lainnya. Sate ini hanya dibakar menggunakan garam saja seperti sate taichan. Penyajiannya pun tanpa bumbu. Kamu bisa menikmati sate klatak hanya dengan mengeluarkan uang sebesar 7 ribu sampai 15 ribu.

(Baca Juga: 7 Cara Menerapkan Gaya Hidup Minimalis Untuk Kaum Milenial)

4. Sego Kucing

Makanan Khas Jawa Tengah

Sego kucing merupakan makanan yang sangat mudah kamu temukan di jawa tengah, karena makanan ini menjadi primadona. Sego kucing biasanya di jual di angkringan. Dalam bahasa indonesia sego kucing berarti nasi kucing. Ini hanya penyebutan saja, karena memang porsi yang sedikit menjadi alasan kenapa makanan ini disebut nasi kucing.
Nasi yang berisi lauk seperti tempe, ikan teri, dan juga sambal yang dibungkus menggunakan daun pisang. Beberapa juga ditambah dengan sayur oseng kacang panjang, sate usus, telur puyuh, ceker ayam, hingga gorengan. Dengan porsinya yang sedikit sehingga harga sego kucing sangat cocok dengan kantong.

5. Nasi Gandul

Nasi Gandul

Nasi gandul merupakan bahasa jawa dari nasi yang menggunakan kates atau pepaya untuk lauknya. Padahal nasi gandul ini tidak sama sekali mengandung unsur pepaya. Makanan ini hanya disajikan menggunakan daun pisang. Biasanya, nasi gandul disajikan dengan nasi putih dan kuah yang hangat dan segar. Ada juga lauk pauk yang biasa dipakai untuk melengkapi nasi gandul ini yaitu seperti daging sapi yang diolah.

6. Soto Kudus

Makanan Khas Jawa Tengah

Makanan khas jawa tengah yang satu ini berasal dari kudus seperti namanya. Soto kudus bukan lagi menjadi makanan asing yang didengar dan dirasakan. Makanan ini juga sudah banyak sekali ditemukan di kota-kota lain.
Saat kamu makan soto kudus di tempat asalnya, kamu akan disuguhkan sensasi yang berbeda. Soto kudus disajikan menggunakan daging kerbau bukan sapi. Dengan kuah bening yang ditambah dengan asam jawa menjadi salah satu ciri khas soto kudus.

7. Buntil

Makanan Khas Jawa Tengah

Buntil merupakan makanan khas jawa tengah yang cukup terkenal di indonesia. Makanan ini terbuat dari teri yang dicampur dengan parutan kelapa dan bumbu-bumbu tertentu dan dibungkus dengan daun pepaya.
Buntil biasanya dijadikan sebagai lauk pauk yang disantap bersama nasi. Makanan ini bisa kamu temukan di pasar-pasar tradisional. Jika dilihat dari luar, buntil terlihat seperti botok. Harga makanan ini juga sangat terjangkau yaitu sekitar 3000 sampai 5000 saja.

(Baca Juga: Ini Dia, Tips Membeli Mobil Bekas Yang Kamu Ketahui)

8. Mie Ongklok

Makanan Khas Jawa Tengah

Mie ongklok memang sudah menjadi primadona bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah jawa tengah. Karena kelezatannya yang membuat banyak orang terpikat. Mempunyai racikan bumbu khusus yang disempurnakan dengan potongan daun kucai dan kol yang sudah turun temurun beberapa generasi menjadi kuncinya.
Mie ini mengambil nama ongklok dari alat yang digunakan untuk memasak mie ini. Ongklok merupakan tempat untuk menaruh mie saat proses perebusan. Bentuk dari ongklok sendiri seperti keranjang kecil yang dibuat dari bambu. Mie ongklok biasanya disajikan dengan kuah yang kental. Kuah yang kental didapatkan dari tepung kanji, dan biasanya ditambahkan dengan lauk lain seperti sate sapi, tempe kemul, dan juga keripik tahu.

9. Tengklek Gajah

Tengklek Gajah

Masakan khas jawa tengah ini bukan dibuat menggunakan daging gajah ya. Dinamakan tengklek gajah karena porsinya yang jumbo. Kamu bisa menemukan banyak pedagang tengklek gajah di daerah sleman. Bahan utama yang digunakan untuk membuat tengklek gajah adalah daging kambing. Ada dua macam cara memasak tengklek gajah, dimasak seperti tongseng kuah atau digoreng.
Ada rasa ada harga, kamu bisa menikmati makanan khas jawa tengah yang satu ini dengan merogoh kocek sebesar 30 hingga 40 saja. Harga yang lumayan tetapi akan terbayarkan dengan rasanya yang begitu nikmat.

10. Oseng -oseng mercon

Makanan Khas Jawa Tengah

Makanan khas jawa tengah yang terakhir ini bisa kamu jumpai di daerah jogja dan sekitarnya. Kamu yang mengaku pecinta kuliner wajib untuk mencoba makanan yang satu ini. dengan mengeluarkan uang sebesar 15 hingga 20 ribu kamu sudah bisa menikmati lemak, kikil, tulang muda, dan juga kulit yang dimasak berbarengan dengan bumbu pedas. Rasa yang begitu pedas akan membuat lidah kamu seperti terbakar. Tapi bagi kamu yang bukan pecinta makanan pedas dan memiliki masalah pada lambung tidak disarankan untuk mencoba makanan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *