Simak Yuk, 9 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh – Kunyit memang sudah dikenal masyarakat indonesia sebagai salah satu bumbu masakan atau rempah-rempah yang dipakai untuk obat. Bukan hanya itu saja, rimpang kunyit juga selama ini telah digunakan oleh masyarakat sebagai bahan baku dalam pembuatan jamu. Selain untuk membantu mengatasi masalah pencernaan, kunyit juga ternyata memiliki khasiat lain yang mungkin belum pernah kamu bayangkan sebelumnya. Mulai dari mengobati radang, hingga penawar bisa ular.

Kunyit sendiri memiliki senyawa kimia bernama kurkumin. Zat pewarna kuning itu diduga mampu membantu proses penyembuhan pada tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh.

 

Berikut Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh :

 1. Meredakan Perut Kembung

Simak Yuk, Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh

Saat kamu buang gas, itu menandakan pencernaan kamu baik-baik saja. Tetapi jika buang gas secara berlebihan atau terus menerus itu menandakan ada masalah di dalam perut kamu. 

Zat kurkumin pada kunyit membantu otot organ pencernaan agar tetap bergerak lancar seperti mengurangi tekanan gas dalam perut. Kunyit juga membantu lambung menghentikan produksi asam berlebih yang menyebabkan perut kembung. 

2. Meredakan Radang Pada Tenggorokan

 Meredakan Radang Pada Tenggorokan

Kurkumin dalam kunyit merupakan antioksidan yang mengandung efek antiradang poten. Setidaknya ada 200 miligram kurkumin dalam satu sendok teh kunyit segar yang diparut halus atau sudah berbentuk bubuknya. 

Zat kurkumin diyakini memiliki fungsi untuk memblokir kerja sitokin dan enzim penyebab inflamasi dalam tubuh. Kurkumin juga berfungsi mengurangi peradangan dengan menurunkan kadar histamin.

3. Mengobati Maag

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh

Kunyit sejak lama populer digunakan sebagai obat gangguan pencernaan yang alami. Ketika gejala maag mu kambuh, tak ada salahnya untuk menyeduh secangkir teh kunyit hangat untuk meredakan nyerinya. Maag bisa muncul dipicu oleh timbulnya luka di lambung akibat infeksi oleh bakteri  H. pylori, konsumsi obat anti nyeri  jangka panjang, racun rokok, alkohol, dan juga makanan tertentu. Semua hal ini dapat mengikis lapisan dinding usus dan kerongkongan sehingga bisa memicu refluks asam lambung naik. 

Salah satu penelitian mengamati efek curcumin mengobati peradangan akibat luka dan melindungi perut dari nyeri tersebut dengan meningkatkan produksi lendir dinding lambung. 

4. Mengurangi Mual

Mengurangi Mual

Ketika dicampur dengan lada hitam, kunyit dipercaya manjur untuk meredakan mual dibanding dengan dikonsumsi sendiri. Sebuah studi membuktikan bahwa menambahkan lada hitam, mampu membuat rempah kunyit terasa lebih maksimal. Karena setelah dikonsumsi, kandungan curcumin dalam kunyit akan lambat diserap ke dalam aliran darah. Ini yang membuat kamu bisa kehilangan khasiat dari kunyit itu sendiri. 

(Baca Juga: Ini Dia, Beberapa Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil)

Studi tersebut menunjukan piperin dalam lada hitam meningkatkan penyerapan curcumin hingga dua ribu persen lebih cepat ke dalam darah sehingga siap digunakan oleh tubuh. Piperin juga dapat memperlambat pemecahan curcumin oleh hati sehingga lebih bertahan lama dalam darah.

5. Meredakan Nyeri Haid

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan dalam kurkumin kunyit memiliki khasiat pereda nyeri alami yang bekerja dengan melemaskan kontraksi rahim penyebab perut keram. Lain dari itu, kurkumin juga mengurangi  aliran masuk ion kalsium pada sel-sel epitel rahim dan mengurangi produksi prostaglandin, hormon yang menciptakan rasa sakit dan peradangan. 

6. Mengendalikan Gula Darah

Mengendalikan Gula Darah

Manfaat  Kunyit yang selanjutnya adalah untuk mengendalikan gula darah. Jika kamu mempunyai riwayat diabetes, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan pengobatan alami untuk mengendalikan gula dah tetap stabil. Salah satu yang bisa kamu coba adalah kunyit. Sebuah studi menunjukan curcumin dapat menurunkan kadar glukosa gula darah.

Studi lain menyebutkan bahwa suplemen ekstrak kunyit bisa membantu  meningkatkan fungsi insulin, menstabilkan gula darah, dan membuat gejala diabetes lebih mudah untuk ditangani. Hal ini membantu menurunkan resiko komplikasi terkait diabetes yang disebabkan oleh peradangan.

7. Menurunkan Berat Badan

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh

Zat Kurkumin berfungsi menekan respon peradangan pada sel tubuh, termasuk sel pankreas, lemak, dan juga otot. Reaksi ini sendiri bisa membantu mengurangi resistensi insulin, menurunkan kadar gula darah, hingga kolesterol dan juga gangguan metabolik lainnya akibat berat badan yang berlebih. 

(Baca Juga : 7 Cara Menerapkan Gaya Hidup Minimalis Untuk Kaum Milenial)

Tetapi manfaat kunyit bisa kamu peroleh jika kamu menggabungkannya dengan asam jawa. Sebab jika dikonsumsi sendiri, kunyit sangat lambat diserap ke dalam darah tetapi lebih cepat dipecah oleh hati sehingga tubuh tidak merasakan banyak manfaatnya. 

8. Sebagai Obat Alergi

Sebagai Obat Alergi

Di dalam kunyit terkandung kurkumin dan bisdesmetoksikurkumin yang memiliki fungsi sebagai senyawa anti alergi yang bisa membantu menghilangkan rasa gatal pada tubuh. Dua kandungan tersebut  dapat menghambat aktivitas protein berlebih pada tubuh yang dapat mencegah lepasnya zat histamin. Zat histamin dan protein yang berlebih bisa  membuat reaksi alergi yang muncul pada kulit. 

9. Sebagai Penawar Racun 

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat  Kunyit yang terakhir adalah sebagai salah satu obart penolongan pertama jika terkena racun. Salah satu penelitian menyebutkan bahwa kandungan dalam kunyit bisa dimanfaatkan untuk pertolongan pertama pada gigitan ular. Karena manfaat  kunyit bisa menghambat aktivitas bisa ular yang mengalir pada darah. Menghentikan penyebaran ke seluruh tubuh dan mengurangi pembengkakan.

 

Itulah beberapa manfaat kunyit yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi berbagai gejala penyakit. Semoga artikel yang kita buat bisa membantu kamu. 

Selamat Membaca!

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts