7 Cara Menerapkan Gaya Hidup Minimalis Untuk Kaum Milenial

Cara Menerapkan Gaya Hidup Minimalis Untuk Kaum Milenial – Setiap tahun baru tiba pasti banyak orang yang membuat resolusi baru. Salah satu yang bisa kamu jadikan resolusi di setiap tahun baru adalah dengan menerapkan gaya hidup minimalis. Gaya hidup minimalis adalah sebuah gaya hidup sederhana yang berlawanan dengan gaya hidup materialistis yang serba glamour dan juga berlebihan.

Gaya hidup minimalis sudah banyak diterapkan oleh anak muda Jepang karena tidak jarang gaya hidup ini justru mendatangkan ketenangan dan juga kebahagiaan. Sebenarnya, minimalis lebih dikenal sebagai konsep estetik dalam menata ruangan. Tetapi, prinsip minimalis sendiri dapat kamu aplikasikan ke dalam setiap aspek kehidupan sehari-hari.

Menjalani cara hidup yang satu ini dapat membuat kamu mengurangi segala hal yang berlebihan di dalam hidup. Minimalis bukan sekedar membuang semua pakaian yang sudah  tidak terpakai atau memiliki barang sedikit mungkin. Gaya hidup ini mengajak kamu untuk memisahkan sesuatu yang tidak terlalu dibutuhkan untuk dibuang atau diganti dengan yang lebih bermanfaat.

Memulai gaya hidup bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, karena dibutuhkan keinginan dan tujuan yang kuat agar kita bisa terus berkomitmen untuk menjalaninya. Kira-kira bagaimana cara agar bisa menjalani hidup minimalis? Berikut adalah cara menjalani hidup minimalis terutama untuk kamu kaum milenial.

 

Cara Menerapkan Gaya Hidup Minimalis Untuk Kaum Milenial :

 

 1. Lebih Baik Mempunyai Sedikit Barang Tetapi Dengan Kualitas Tinggi

Lebih Baik Mempunyai Sedikit Barang Tetapi Dengan Kualitas Tinggi

Cara menerapkan gaya hidup minimalis yang pertama adalah dengan membeli barang-barang berkualitas tinggi yang dapat digunakan dalam jangka panjang. Sebenarnya ada dua manfaat sekaligus yang bisa kamu dapatkan saat kamu menerapkan cara ini yaitu mengurangi limbah dan menghemat lebih banyak uang dalam jangka panjang. Salah satu contoh barang yang bisa diterapkan adalah membeli sepatu dengan kualitas terbaik yang memiliki masa pakai yang lama. Untuk membeli sepatu dengan kualitas tersebut memang butuh biaya yang cukup mahal di awal. Tapi akan sangat menghemat biaya di masa depan.

 

2. Bereskan Barang-barang Yang Tidak Terpakai

Cara Menerapkan Gaya Hidup Minimal Untuk Kaum Milenial

Gaya hidup minimalis memiliki konsep less is more. Yang dimana berarti memiliki barang sedikit lebih baik dibandingkan memiliki barang banyak. Yang utama adalah barang-barang tersebut merupakan barang-barang yang benar-benar kamu butuhkan. Segera rapikan barang yang menurutmu tidak terpakai lagi. Dan kamu bisa memberikan barang-barang yang sudah tidak terpakai ke orang-orang yang lebih membutuhkan.

 

3. Fokus Kepada Kebutuhan

Cara Menerapkan Gaya Hidup Minimal Untuk Kaum Milenial

Saat ini sudah banyak sekali orang yang membeli barang bukan karena kebutuhan tapi karena keinginan atau gengsi. Alhasil barang yang di punya akan semakin menumpuk. Mulai sekarang, fokuslah membeli barang-barang yang benar-benar kamu butuhkan saja. Dengan  begitu kamu bisa menabung lebih banyak lagi setiap bulannya.

(Baca Juga: Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan Wajah)

 

4. Rawat Barang Yang Kamu Miliki Dengan Baik

Rawat Barang Yang Kamu Miliki Dengan Baik

Cara menerapkan gaya hidup minimalis yang selanjutnya adalah dengan merawat barang yang kamu miliki dengan baik. Saat kamu memiliki banyak barang, maka kamu akan lebih cenderung malas untuk melakukan perawatan atas barang tersebut. Kebiasaan ini akan berdampak pada masa pakai barang yang kamu miliki dimana akan menjadi lebih singkat dan konsekuensinya adalah mau tidak mau kamu harus membeli barang baru saat barang tersebut rusak.

Hal ini tidak disadari membuat kamu menjadi lebih boros. Lakukan perawatan secara rutin atas barang yang kamu pakai sehari-hari seperti kendaraan, smartphone, laptop, dan lain-lain.

Perawatan yang kamu lakukan terhadap barang-barang tersebut membuat masa pemakaian barang lebih tahan lama dan membuat kamu tidak selalu membeli barang baru yang dimana membuat kamu lebih hemat.

 

5. Jangan Berlebihan Saat Membeli Bahan Makanan

Cara Menerapkan Gaya Hidup Minimal Untuk Kaum Milenial

Apa kamu pernah membeli kebutuhan makanan secara langsung dan mendapati ada beberapa bahan makanan yang tidak digunakan dan akhirnya tidak bisa dipakai atau membusuk?. Saat hal itu terjadi kamu perlu mengatur ulang pola belanja dan pengeluaran kamu selama sebulan untuk bahan makanan tersebut.

Bahan makanan yang membusuk tidak bisa lagi digunakan untuk memasak dan tentu saja akan memboroskan pengeluaran kamu. Kita menyarankan untuk kamu berbelanja rutin untuk bahan makanan yang tidak tahan lama seperti sayuran dan daging.

Hal ini dapat mencegah bahan makanan membusuk saat disimpan dan akhirnya tidak digunakan. Selain itu sayuran dan daging lebih nikmat saat dimasak dalam keadaan segar. Jangan lupa untuk membawa daftar belanjaan saat kamu membeli barang untuk kebutuhan bulanan.

(Baca Juga: Ini Dia, Tips Membeli Mobil Bekas Yang Kamu Ketahui)

6. Fokus Menambah Pengalaman Saat Berlibur

Fokus Menambah Pengalaman Saat Berlibur

Sesekali kamu perlu melakukan perjalanan ke suatu tempat yang belum pernah kamu kunjungi untuk memperluas cara pandang kamu tentang dunia. Dengan melakukan liburan, kamu bisa mendapatkan banyak sekali pelajaran diluar sana yang tidak bisa kamu dapatkan di zona nyaman.

Hal ini perlu kamu terapkan saat berlibur, cukup bawa tas punggung dan hal ini akan mencegah kamu untuk membeli banyak souvenir yang tidak terlalu berguna dan diperlukan. Fokuskan liburan kamu untuk menyusun kenangan yang luar biasa di tempat yang baru.

 

7. Kebahagiaan Bukan Hanya Terletak Pada Materi

Kebahagiaan Bukan Hanya Terletak Pada Materi

Mempunyai materi yang berlimpah, barang-barang mewah bukan menjadi tolak ukur sebuah kebahagiaan. Cobalah untuk merubah mindsetmu dengan menerapkan gaya hidup minimalis dimana kamu sudah merasa cukup dengan barang yang kamu punya. Dan kamu tidak perlu lagi untuk membeli barang yang menurut kamu tidak terlalu diperlukan. Memang, terkadang barang-barang yang berlebihan akan menambah beban baik secara fisik maupun emosional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *